FAQ: Cara Memanasi Mesin Motor Yang Benar?

Apakah motor perlu dipanaskan setiap hari?

“Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit setiap hari. Tujuannya, untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik,” jelas Endro.

Apa fungsi memanaskan mesin motor?

Fungsi dari memanaskan motor sendiri adalah untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi prima. Karena dengan dipanasin, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah semalaman tidak dipakai.

Apakah motor perlu dipanaskan?

Pada dasarnya, semua kendaraan bermotor termasuk motor perlu dipanasi sebelum digunakan untuk aktivitas lama atau berat. Aktivitas memanaskan mesin ini dirasa cukup perlu dilakukan terutama untuk motor yang masih menggunakan sistem karburator dibandingkan dengan yang sudah memakai sistem Fuel Injection (FI/injeksi).

Berapa lama waktu manasin motor karburator?

“Memanaskan motor yang masih menggunakan karburator 3 sampai 5 menit saja sudah cukup. Karena dengan waktu itu sirkulasi oli sudah bisa melumasi komponen-komponennya,” terang Rohman, mekanik diler Honda di bilangan Pamulang.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan motor?

Memanaskan motor sambil mengerjakan aktivitas lain. Biasanya pada pagi hari ketika akan berangkat bekerja melakukan aktivitas persiapan sambil memanasi motor. Padahal, untuk memanasi motor cukup hanya 30 detik – 2 menit saja. Durasi itu sudah cukup untuk “membangunkan” oli agar mulai bekerja pada mesin.

You might be interested:  Pertanyaan: Polisi Tidak Berhak Menilang Pajak Motor/Mobil Yang Mati?

Berapa lama memanaskan motor yang jarang dipakai?

Walaupun motor sekarang sudah banyak menggunakan teknologi injeksi, namun memanaskan motor masih dibutuhkan agar stasioner dan oli dapat bersirkulasi. Hal ini dilakukan tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 30 detik sampai 1 menit saja.

Kenapa motor harus dipanaskan terlebih dahulu?

Pemanasan bertujuan agar pelumasan di dalam mesin bisa bekerja dengan optimal. “Diamkan mesin dalam keadaan stasioner/langsam selama 1-2 menit sebelum dikendarai agar pelumasan merata. Ada pemotor yang biasanya start langsung tancap gas, sebenarnya kurang baik untuk kondisi motor,” ujarnya.

Apa yang terjadi jika motor jarang dipakai?

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM mengatakan, motor yang jarang dipakai akan membuat aki cepat soak. Sebab baterai akan tetap menyuplai arus ke beberapa komponen walau jumlahnya kecil. “Kalau ingin lama tidak dipakai, dan bisa bongkar motor sendiri, baiknya terminal aki dilepas.

Apa yang terjadi jika motor lama tidak dihidupkan?

Motor yang tidak dihidupkan atau dalam keadaan diam, berisiko oli menjadi mengental dan mengendap, sehingga berdampak besar bagi mesin. “Dampaknya jangka pendeknya seperti bikin motor boros bensin, mesin cepat panas, dan tentu bisa merusak dan menurunkan kinerja mesin,” tambahnya.

Berapa lama waktu untuk memanaskan mobil?

Faktanya, memanaskan mesin mobil non-injeksi / konvensional hanya perlu waktu lima menit saja. Jika jarum indikator suhu mesin sudah berada di posisi tengah mobil siap untuk digunakan. Memanaskan mesin dalam waktu yang lama juga bisa membuat mesin kendaraan menjadi overheating.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *